Rabu, 23 Juli 2014

Fitur Sms Gateway

Klick gambar untuk memperbesar

Pada dasarnya usaha tv kabel adalah usaha dibidang jasa. Optimalisasi pelayanan sangat terkait dengan komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Dengan mengintenskan komunikasi kepada pelanggan akan mudah diketahui berbagai kekurangan pelayanan sehingga perbaikan pelayanan dapat lebih cepat untuk menghindari kehilangan pelanggan dan kerugian lain.
Selain menaikkan kesan baik perusahaan, penggunaan pesan sms yg terpusat dari server akan mengurangi penyelewengan dari karyawan, karena server dapat menginformasikan status pelanggan baik itu registrasi baru, pembayaran iuran, instalasi, keluhan dan status menunggak. Sebagai contoh jika setiap pembayaran iuran diinformasikan/sms ke pelanggan maka pelanggan akan merasa dihargai dan meyakini tidak ada gap informasi yg terjadi. Contoh lain pentinganya sms server  adalah pengiriman informasi status iuran yang tertunggak ke pelanggan bisa mencegah penyelewengan kolektor penagihan.
Berikut salah satu form pengiriman sms pada aplikasi tv kabel

Klick gambar untuk memperbesar

Sms gateway pada aplikasi ini tidak saja untuk pengiriman dan penerimaan sms, melainkan juga memiliki fungsi auto respond, enggine sms akan menjawab secara otomatis jika sesuai dengan kata kunci/perintah. Nomor hp yg direspon jawab dari enggine sms terdiri dari :
  1. Nomor master/manajer (lihat form data usaha-tab sms)
  2. Nomor karyawan yang aktif dan diizinkan (lihat form karyawan)
  3. Nomor pelanggan yang aktif. 
Berikut perintah sms untuk masing-masing nomor diatas:

I.                 DARI NO MASTER (status no master pada form Data Usaha Tab Sms)
-       Info(spasi)No Pelanggan 
contoh: Info 0007 
Untuk mengetahui informasi pelanggan

-        Iuran(spasi)No Pelanggan
Contoh: Iuran 0007
Untuk mengetahui status iuran pelanggan

-         Keluhan 
Untuk mengetahui keluhan aktif (belum selesai).
Server akan menjawab no pelanggan dan tanggal masuk keluhan yang aktif.


-         Hp(spasi)No Pelanggan(spasi)No Hp pelanggan
Contoh: Hp 0007 08523455556
Untuk mengupdate nohp pelanggan.
Server akan menjawab sms ke no master dan ke nohp pelanggan.

-         Kirim(spasi)Isi Pesan ke semua karyawan 
Contoh: Kirim Diharapkan jam 5 sore kumpul di kantor. 
Untuk mengirim pesan ke semua karyawan bersatus aktif.

-         Ph
Untuk mengetahui penerimaan iuran hari ini

-         Pb
Untuk mengetahui penerimaan iuran bulan ini

-        Bh
Untuk mengetahui biaya hari ini

-        Bb
Untuk mengetahui Biaya bulan ini

-         Ih
Untuk mengetahui transaksi instalasi hari ini

-        Ib
Untuk mengetahui transaksi instalasi bulan ini.

-         Kinerja
Untuk mengetahui kinerja usaha

-     Jika perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka server akan menjawab : 'Perintah: info(spasi)noplg, iuran(spasi)noplg, Keluhan, hp(spasi)noplg(spasi)nohplg, ph, pb, bh, bb, ih, ib, kinerja';


II.               DARI KARYAWAN
Server akan menjawab sms dari no hp karyawan yg berstatus aktiv dan bisa sms (lihat form karyawan).

-        Info(spasi)No Pelanggan
contoh: Info 0007
Untuk mengetahui informasi pelanggan

-         Iuran(spasi)No Pelanggan
Untuk mengetahui status iuran pelanggan

-         Keluhan
Untuk mengetahui keluhan aktif (belum selesai).
Server akan menjawab no pelanggan dan tanggal masuk keluhan yang aktif

-         Hp(spasi)No Pelanggan(spasi)No Hp pelanggan
Contoh: Hp 0007 08523455556
Untuk mengupdate data no hp pelanggan

-         Kinerja
Untuk mengetahui kinerja penagihan karyawan bersangkutan.

-    Jika perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka server akan menjawab : Ketik: info(spasi)noplg, iuran(spasi)noplg, Keluhan, hp(spasi)noplg(spasi)nohpplg, kinerja


III.            DARI PELANGGAN
Server hanya akan menjawab sms dari pelanggan yg berstatus aktiv.

-         Status atau Iuran
Untuk mengetahui status iuran pelanggan bersangkutan

-         Keluhan(spasi)isi keluhan atau Gangguan(spasi)Isi gangguan.
Contoh : Keluhan Chanel 26 kabur dan streng.
Untuk menyampaikan keluahan. Keluhan yg diterima langsung di teruskan ke no hp teknisi dan atau semua teknisi (lihat form Data Usaha Tab Sms) serta masuk dalam daftar keluhan aktif.
Jika perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka server akan menjawab : 'Ketik: Status atau Iuran u/ mengetahui status iuran anda; keluhan(spasi)keluhan anda u/ sampaikan keluhan/gangguan.'