Klick gambar untuk memperbesar
Selain menaikkan kesan baik perusahaan, penggunaan pesan sms yg terpusat dari server akan mengurangi penyelewengan dari karyawan, karena server dapat menginformasikan status pelanggan baik itu registrasi baru, pembayaran iuran, instalasi, keluhan dan status menunggak. Sebagai contoh jika setiap pembayaran iuran diinformasikan/sms ke pelanggan maka pelanggan akan merasa dihargai dan meyakini tidak ada gap informasi yg terjadi. Contoh lain pentinganya sms server adalah pengiriman informasi status iuran yang tertunggak ke pelanggan bisa mencegah penyelewengan kolektor penagihan.
Berikut salah satu form pengiriman sms pada aplikasi tv kabel
Berikut salah satu form pengiriman sms pada aplikasi tv kabel
Klick gambar untuk memperbesar
Sms gateway pada aplikasi ini tidak saja untuk pengiriman dan penerimaan sms, melainkan juga memiliki fungsi auto respond, enggine sms akan menjawab secara otomatis jika sesuai dengan kata kunci/perintah. Nomor hp yg direspon jawab dari enggine sms terdiri dari :
- Nomor master/manajer (lihat form data usaha-tab sms)
- Nomor karyawan yang aktif dan diizinkan (lihat form karyawan)
- Nomor pelanggan yang aktif.
Berikut perintah sms untuk masing-masing nomor diatas:
I. DARI NO MASTER (status no master pada form Data
Usaha Tab Sms)
- Info(spasi)No Pelanggan
contoh: Info 0007
contoh: Info 0007
Untuk
mengetahui informasi pelanggan
- Iuran(spasi)No Pelanggan
Contoh:
Iuran 0007
Untuk
mengetahui status iuran pelanggan
- Keluhan
Untuk mengetahui keluhan aktif (belum selesai).
Server akan menjawab no pelanggan dan tanggal masuk keluhan yang aktif.
Untuk mengetahui keluhan aktif (belum selesai).
Server akan menjawab no pelanggan dan tanggal masuk keluhan yang aktif.
- Hp(spasi)No Pelanggan(spasi)No Hp pelanggan
Contoh: Hp 0007 08523455556
Untuk
mengupdate nohp pelanggan.
Server
akan menjawab sms ke no master dan ke nohp pelanggan.
- Kirim(spasi)Isi Pesan ke semua karyawan
Contoh: Kirim Diharapkan jam 5 sore kumpul di kantor.
Untuk mengirim pesan ke semua karyawan bersatus aktif.
- Kirim(spasi)Isi Pesan ke semua karyawan
Contoh: Kirim Diharapkan jam 5 sore kumpul di kantor.
Untuk mengirim pesan ke semua karyawan bersatus aktif.
- Ph
Untuk
mengetahui penerimaan iuran hari ini
- Pb
Untuk
mengetahui penerimaan iuran bulan ini
- Bh
Untuk
mengetahui biaya hari ini
- Bb
Untuk
mengetahui Biaya bulan ini
- Ih
Untuk
mengetahui transaksi instalasi hari ini
- Ib
Untuk
mengetahui transaksi instalasi bulan ini.
- Kinerja
Untuk
mengetahui kinerja usaha
- Jika perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka
server akan menjawab : 'Perintah: info(spasi)noplg, iuran(spasi)noplg, Keluhan,
hp(spasi)noplg(spasi)nohplg, ph, pb, bh, bb, ih, ib, kinerja';
II.
DARI KARYAWAN
Server akan menjawab
sms dari no hp karyawan yg berstatus aktiv dan bisa sms (lihat form karyawan).
- Info(spasi)No Pelanggan
contoh:
Info 0007
Untuk
mengetahui informasi pelanggan
- Iuran(spasi)No Pelanggan
Untuk
mengetahui status iuran pelanggan
- Keluhan
Untuk
mengetahui keluhan aktif (belum selesai).
Server
akan menjawab no pelanggan dan tanggal masuk keluhan yang aktif
- Hp(spasi)No Pelanggan(spasi)No Hp pelanggan
Contoh:
Hp 0007 08523455556
Untuk
mengupdate data no hp pelanggan
- Kinerja
Untuk
mengetahui kinerja penagihan karyawan bersangkutan.
- Jika perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka
server akan menjawab : Ketik: info(spasi)noplg, iuran(spasi)noplg, Keluhan, hp(spasi)noplg(spasi)nohpplg,
kinerja
III.
DARI PELANGGAN
Server
hanya akan menjawab sms dari pelanggan yg berstatus aktiv.
- Status atau Iuran
Untuk
mengetahui status iuran pelanggan bersangkutan
- Keluhan(spasi)isi keluhan atau Gangguan(spasi)Isi
gangguan.
Contoh
: Keluhan Chanel 26 kabur dan streng.
Untuk
menyampaikan keluahan. Keluhan yg diterima langsung di teruskan ke no hp
teknisi dan atau semua teknisi (lihat form Data Usaha Tab Sms) serta masuk
dalam daftar keluhan aktif.
Jika
perintah tidak sesuai/tidak ditemukan maka server akan menjawab : 'Ketik:
Status atau Iuran u/ mengetahui status iuran anda; keluhan(spasi)keluhan anda
u/ sampaikan keluhan/gangguan.'