Untuk menjalankan suatu sistem aplikasi harus sesuai dengan prosedur aplikasi bersangkutan. Pada aplikasi ini telah disesuaikan dengan prosedur manual usaha tv kabel yang banyak dijumpai, sehingga user mudah dalam menyesuaikan atau peralihan dari sistem manual ke dalam aplikasi.
Berikut prosedur biling aplikasi sesuai dengan urutannya:
- Registrasi Pelanggan Baru.
Prosedur ini adalah transaksi pendaftaran pelanggan baru yang akan menggunakan jasa tv kabel. Prosedur ini selayaknya pelanggan yang hendak menggunakan/memasang tv kabel mendatangi kantor/pusat layanan untuk diregistrasi, kondisi ini biasa tidak terjadi karena senyatanya dilapangan banyak registrasi tidak dilakukan atau hanya berdasarkan informasi teknisi atau kolektor dilapangan, kalaupun pengisian registrasi pelanggan dilakukan kemungkinan besar tidak menggunakan output dari aplikasi, sehingga prosedur ini bukan merupakan prosedur yang harus dilalui. Namun penggunaan registrasi pelanggan memberikan informasi kepada manajemen mengenai status pemasangan/instalasi dan urutannya yang tentunya penting sebagai bahan untuk menunjang keputusan pengelolaan yang baik.
Untuk melakukan registrasi pelanggan melalui menu transaksi-registrasi pelanggan baru (lihat gambar dibawah)
Menu-Registrasi pelanggan baru
Untuk melihat proses registrasi pelanggan klick link video berikut: http://www.youtube.com/watch?v=7EKq54i5Skk
2. Penginputan Pelanggan
Terdapat dua form untuk menginput pelanggan yaitu melalui form master pelanggan dan form input pelanggan (lihat gambar dibawah ini)
Button master pelanggan pada menu bar
Proses input pelanggan pada form input pelanggan dapat dilihat pada link video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=Gn0dzl1LMGo
Proses input pelanggan pada form mater pelanggan dapat dilihat pada link video berikut : http://www.youtube.com/watch?v=TZinvZkwMYU
Setelah pelanggan terdata dalam database maka transaksi instalasi pertama / instalasi pemasangan pertama dapat dilakukan. Instalasi pelanggan dapat melalui form master pelanggan dan melalui menu transaksi-instalasi pelanggan (lihat gambar dibawah ini)
Potongan form master pelanggan
Menu-instalasi pelanggan
Untuk melihat proses instalasi dapat membuka link video berikut: http://www.youtube.com/watch?v=BrZ0Hz1AjPk
4. Status Iuran Pelanggan/Pelanggan Menunggak
Proses setelah data pelanggan beserta instalasinya masuk dalam database adalah penagihan iuran kepada pelanggan (Jika pembayaran di kantor, tentu langsung menuju langkah 5). Penagihan pelanggan dengan menggunakan kwitansi penagihan yang merupakan hasil perhitungan dari periode awal-batas tanggal bayar, pembayan iuran (jika sudah ada) dan periode berjalan/periode penagihan. Status iuran pelanggan dihasilkan pada form pelanggan menunggak yaitu pada menu laporan (lihat gambar dibawah)
Menu-Pelanggan menunggak
Button pelanggan menunggak pada menu bar
5. Penginputan Iuran PelangganUntuk memperjelas proses pada pelanggan menunggak dapat melihat link video berikut : http://www.youtube.com/watch?v=8Oz5DyfrbAs
Setelah penagihan maka dilakukan penginputan penerimaan iuran pelanggan pada form terima iuran yaitu pada kelompok menu transaksi.
Menu-Penerimaan iuran
Button Terima iuran pada menu bar
Untuk secara detail proses input iuran pelanggan dapat dilihat pada link video berikut http://www.youtube.com/watch?v=9YpkkzwJqSg